Mengurus Visa UK

Thursday, September 20, 2018

 
Visa UK

Seperti tahun sebelumnya, untuk pengurusan visa liburan tahun ini aku mengurus semua nya sendiri. Aku akan membuat 2 visa yaitu Visa UK dan Visa Schengen. Visa pertama yang aku ajukan adalah Visa UK. Konon katanya Visa UK jauh lebih sulit didapat ketimbang visa lainnya dan metoda pengurusannya sedikit lebih rumit dari lainnya. Dan menurut pengalamanku pun seperti itu,, even visa US (aku pernah mengurus visa US untuk mama mertuaku yang nanti akan aku share juga :).

Secara singkat untuk membuat Visa UK sendiri hal-hal yang harus dilakukan :
  1. Teliti Jenis Visa
  2. Mengajukan visa secara online melalui website Gov.uk
  3. Membuat janji temu
  4. Membayar visa secara online
  5. Memilih layanan tambahan
  6. Mengunjungi pusat pembuatan Visa
  7. Lacak pengajuan
  8. Ambil dokumen
Bisa dibilang mengurus visa sendiri itu gampang-gampang susah. Supaya lebih jelas mengenai cara pembuatan visa UK akan dibahas secara satu persatu ya. 

Memilih Jenis Visa
Sebelum mengajukan Visa tentu kamu harus paham dan tau betul jenis visa yang akan diajukan. Karena setiap jenis visa, dokumen yang dipersyaratkan dan biaya pembuatannya bisa berbeda. Karna kebutuhanku dalam pembuatan Visa UK ini untuk liburan, jadi Visa yang aku pilih adalah Standar Visitor Visa (Tourism). Untuk tau jenis visa yang kamu butuhkan, dapat mengunjungi website UK Visa dan Imigrasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam situs tersebut maka kamu akan mendapat info jenis visa yang harus diajukan. 

kenali dulu visa yang mau di ajukan

Mengajukan Visa secara Online
Setelah kamu mengetahu jenis visa yang harus di ajukan, maka next step adalah mengajukan visa secara online. Untuk mengajukan visa melalui situs UK Visas & Immigration dengan melakukan register dan membuat account. Apabila kamu pergi bersama dengan keluarga atau teman lainnya, kamu bisa membuat pengajuan sekaligus dalam satu account. Sebagai contoh, aku membuat satu account atas namaku untuk pengajuan suami dan anak ku secara bersamaan. Namun begitu meskipun pengajuan menggunakan satu account, formulir dan syarat dokumen lainnta tetap dibuat per orang. 

situs UK Visas & Immigration
Setelah melakukan register account pada situs tersebut maka langkah selanjutnya adalah membuat pengajuan visa. Terdapat dua pilihan yaitu Apply for My Self dan Apply For Someone Else. Tentu mudah mengartikan mana yang akan kamu pilih.  Apabia ingin mengajukan visa untuk diriku sendiri, aku memilih Apply for My Self terlebih dahulu. 

Langkah-langkah pengisian formulir online akan aku bahas secara terpisah pada part selanjutnya untuk memudahkan dalam pengisan form visa. Oh ya, yang harus di ingat adalah pengisian application form dilakukan secara online, maka seluruh data yang diperlukan tentunya harus dipersiapkan terlbih dahulu. Tapi tenang,, karna kamu masih bisa menyimpan draft formulir apabila masih belum bisa menyelesaikan pengisian formulir secara langsung. 

Membuat Janji Temu
Untuk dapat menyerahkan dokumen pengajuan visa, kamu harus memilih jadwal janji temu yang tersedia dan memilih pusat pembuatan visa terdekat. Untuk visa UK, pusat pembuaran visa dilakukan melalui pihak ketiga yaitu VFS Global yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan Bali. Karna aku berdomisili di jakarta, maka aku memilih VFS Global Jakarta yang terletak di Mall Kuningan City.

Pada saat pembuatan janji temu, akan disajikan tanggal tersedia yang bisa dipilih sesuai dengan jadwal masing-masing orang. Sebaiknya jarak antara janji temu dengan keberangkatan kamu setidaknya berjarak 20 hari kerja. Kenapa ? karna pembuatan visa sendiri akan membutuhkan waktu 15 hari kerja,, yes, hari kerja ya bukan hari kalender. Yaitu 5 hari dalam 1 minggu diluar hari libur. Sebaiknya memang pengajuan visa tidak dilakukan terlalu mepet dengan tanggal keberangkatan. As soon as possible sudah diajukan karna pengajuan visa UK sudah bisa dilakukan minimal 90 hari sebelum keberangkatan.
Pembuatan janji temu diperlukan untuk proses penyerahan dokumen, pengambilan sidik jari dan foto di pusat pembuatan visa. Istilahnya pengambilan "informasi biometrik". Apakah ada wawancara? hmm, kalau pengalaman saya sih bukan wawancara, hanya ditanya keperluan pengajuan visa, mau pergi kemana, bersama siapa, berapa lama dll. 

Bukti appoitment harus diprint dan dibawa pada saat datang ke pusat pembuatan visa.

Membayar Visa Secara Online
Setelah mendapatkan janji temu, next step adalah membayar pengajuan visa. Hal ini dilakukan secara online pada website yang sama. Tata cara pembayaran visa secara online dapat dilihat pada pembahasan tersendiri.

Saya melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit dengan biaya USD 130 /orang. Pembayaran dilakukan per orang maka aku melakukan 3 kali pembayaran yaitu aku, suami dan anakku. yes,, anakku yang berumur 2,5 tahun sudah bayar full. Beda dengan visa Schengen, dimana anakku ga bayar untuk biaya visa hanya bayar untuk biaya administrasi. Hmm Visa UK memang terlaluuu ..

Memilih Layanan Tambahan
Setelah membayar biaya visa aku mendapatkan nomor referensi yang biasanya dimulai dengan GWF.  Ternyata VFS Global mempunyai banyak layanan pengajuan visa yang bisa memudahkan kamu dalam pengajuan visa. Ada layanan percepatan pembuatan visa, pengisian formulir secara online, pemeriksaan dokumen atau layanan premium untuk kamu yang ga mau repot sama sekali. Tentu saja aku ga pake fasilitas itu sama sekali,, hehehe . Ya selain menghemat biaya, aku juga penasaran sekali dengan seluruh proses pembuatan visa sehingga aku ingin mengurus semua nya sendiri. Secara lebih detail kamu bisa mengecek jenis layanan apa saja yang disediakan melalui situs VFS Global

Mengunjungi Pusat Pembuatan Visa
Sesuai tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya, aku datang ke pusat pembuatan visa yaitu kantor VFS Global di Mall Kuningan City Lantai 2. Kamu harus menghadiri sendiri janji temu tersebut dan tidak bisa diwakili oleh orang lain. Even anakku juga hadir pada janji temu tersebut. Hal-hal yang harus diperhatikan saat menghadiri janji temu yaitu :
  • Sudah tiba di kantor VFS Global at least 15 menit sebelum jadwal, meskipun kamu baru boleh masuk benar-benar pada waktu yang dijadwalkan
  • Membawa bukti konfirmasi janji temu
  • Membawa seluruh dokumen yang dipersyaratkan termasuk dokumentasi pendukung (asli dan fotocopy). Dokumen sebaiknya sudah di sortir dan dipisahkan sesuai dengan panduan dokumen-dokumen pendukung.
Dokumen pendukung yang harus dibawa saat janji temu adalah 


Di kantor VFS Global, aku melakukan pengumpulan informasi biometrik berupa pemindaian sidik jari digital dan pengambilan foto. Jadi foto yang akan muncul di visa adalah foto pada saat janji temu. Pastikan kamu berpenampilan rapi ya. Tapi yang harus diingat, pada saat pengambilan foto tidak boleh menggunakan kacamata, penutup kepala (kecuali hijab atau alasan medis. Nah untuk anakku yang usia nya masih dibawah 5 tahun, tetap melakukan foto digital namun tidak harus memberikan data biometrik. Agak susah juga di fotonya karna ga boleh senyum sama petugasnya tapi petugasnya ramah banget, jadi anakku juga nyaman dan bisa dapat foto yang diinginkan. 
anakku senang sekali ketika hadir di janji temu di kantor VFS Global

Ada satu hal yang membuat aku shock ketika proses penyerahan dokumen waktu itu. Dokumen yang aku serahkan sama sekali tidak dicek baik kelengkapan ataupun kesesuaiannya (dan perlu di ingat aku ga memakai layanan tambahan apapun dari VFS Global, jadi aku benar-benar pakai jasa standar). Wah,, kesalahanku adalah aku belum merapikan sususan dokumenku sesuai dengan yang seharusnya namun bisa dipastikan bahwa seluruh dokumen yang aku serahkan sudah sesuai dengan persyaratan yang di inginkan. Yes,, make sure of it... Pastikan bahwa semua yang disubmit benar-benar sesuai, biar visanya bisa di granted.

Lacak Pengajuan
setelah semua dokumen diserahkan ke petugas VFS Global, aku ditawarkan fasilitas mengenai update informasi pengajuan visa ku. Standar dari Goverment UK dilakukan menggunakan pemberitahuan melalui email. VFS menawarkan fasilitas lain seperti dengan SMS yang menginformasikan apabila proses pengajuan visaku sudah selesai. Tapi yang perlu aku garis bawahi adalah mereka tidak menyediakan fasilitas untuk melacak pengajuan kita. NO NO.. ga ada. 

Trus bagaimana kalau kamu sudah gundah dan galau ingin tau dimana status pengajuan visa. Dengan mengakses situs Contact UK Visa kita ditawarkan cara melakukan pengecekan yaitu :
  • By Phone
Telephone ke : 00 44 203 481 1736, Senin sampai Jumat, 24 jam dengan biaya £1,37 per menit. (oke ini jangan salah baca ya,, PER MENIT).
  • By Email
kalau lewat email, tetap harus bayar £5,48 sekali inquiry dan untuk email selanjutnya tidak dikenakan biaya lagi. Menurut info yang dicantumkan pihak imigrasi UK akan membalas email inquiry kita dalam 2 hari kecuali hari libur. Tapi menurut pengalamanku kemarin, pihak imigrasi langsung membalas email tersebut walaupun yang dibalas bukan status visaku. Hmm yaa, aku juga melakukan inquiry status visa ku karna aku penasaran sekali karna sudah 12 hari kerja tidak ada kabar jadi untuk memenuhi curiosity akhirnya aku rela membayar sekitar 110 rb untuk bertanya.

hasil inquiry by email
Ambil dokumen
Setelah hasil keputusan visa dibuat, kamu bisa mengambil dokumen dari pusat pengajuan visa. Untuk pengambilan dokumen atau passpor bisa dilakukan sendiri atau diwakili seseorang untuk mengambilnya, atau minta dikirimkan ke kamu melalui kurir.
Untuk mengambil passpor secara langsung, kamu harus membawa struk yang dikeluarkan oleh VFS Global (pada saat janji temu) dan identitas misalnya KTP. Kalau kamu diwakili orang lain untuk mengambil paspport, pastikan perwakilan tersebut dilengkapi dengan surat kuasa yang telah di tanda tangani kamu, copy ktp kamu. Kalau mengambil passpor anak dibawah usia 5 tahun seperti anakku. lengkapi lagi dengan copy kartu keluarga. 


Amplop berisi dokumen passpor

Nah, ada cara bisa mengetahui kemungkinan visa kamu di terima atau di tolak seketika setelah menerima amplop yang diberikan petugas VFS Global. Amplop tersebut tentu masih tersegel. Namun bisa dikatakan begini:


  • Visa kamu kemungkinan besar diterima kalau di amplop tersebut hanya berisi pasppor
  • Visa kamu kemungkinan besar di tolak jika di amplop tersebut berisi kerta + passpor
Alhamdulillah, proses pengurusan visa aku dan keluarga diberikan kelancaran dan diterima. Namun apabila pengajuan visa UK kamu di tolak, tidak perlu panik atau sedih dulu. Biasanya untuk pengajuan visa yang ditolak, terdapat surat pemberitahuan penolakan disertai dengan alasan misalnya copy mutasi buku tabungan/rekening koran yang di submit bukan rekening tempat gaji/pendapatan bermutasi sehingga tidak cocok antara keterangan penghasil di formulir dengan dokumen pendukungnya, atau surat keterangan bekerja yang tidak dilampirkan dll.

Nah kabar baiknya pemerintah UK tidak membatasi pengajuan kembali visa yang pernah ditolak. So, seketika hari itu kamu mendaftarkan kembali pengajuan visa ulang itu sangat memungkinkan. Tapi tentunya kamu harus membayar ulang semua pengajuan dan mengulang seluruh proses pengajuan visa. Dan tentu yang paling penting, harus memperbaiki/ melengkapi dokumen pendukung yang dibutuhkan sesuai dengan alasan penolakan visa kamu. Apabila semua hal sudah diperbaiki, kemungkinan visa yang di ajukan ulang akan di granted.

Tidak sulit kan bisa mengurus visa UK sendiri.  
















No Comments Yet, Leave Yours!